5 Contoh Inspirasi Menu Minuman Seasonal (musiman) Untuk Cafe

       Anda pernah melihat outlet yang menawarkan menu baru seperti di atas? Namun setelah beberapa waktu (biasanya 1-3 bulan) menu tersebut sudah tidak ada lagi. Menu yang hanya disediakan selama waktu tertentu disebut Seasonal Menu. Seasonal Menu termasuk strategi marketing dalam usaha retail (khususnya makanan dan minuman) karena banyak keuntungannya yaitu:

a.     Promosi yang efektif

Seasonal Menu menambah pilihan menu untuk langganan anda sekaligus memikat customer baru yang belum pernah datang ke outlet anda.

b.    Kesempatan mencoba bahan dan cara baru dalam membuat menu.

Mengasah keterampilan staff agar tidak membuat menu yang itu-itu saja. Inovasi menu baru sering datang dari uji coba seperti ini.

c.     Mengembangkan bisnis.

Seasonal Menu bisa menjadi cara ampuh untuk masuk ke pasar konsumen baru.

Tertarik untuk membuat jugadi outlet anda? Berikut 5 contoh inspirasi Seasonal Menu yang cocok untuk cafe:

  1. Mango Milk Tea.

Mango Milk Tea adalah kombinasi manis buah mangga dan gurih susu yang cocok menyegarkan tubuh saat cuaca panas. Menu ini menggunakan bahan jasmine green tea dan creamer yang dicampur dengan concentrate mango.

  • Sop Durian

Sebagai negara pencinta durian, menu ini jadi salah satu yang favorit di Indonesia terutama saat musim panen durian tiba. Bahan yang digunakan adalah potongan daging durian, keju yang diparut, dan susu kental manis, dengan topping tambahan seperti kacang merah, es krim, cincau, dan alpukat.

  • Banana Ice Cream

Banana Ice Cream menjadi Seasonal Menu yang sukses berkat film animasi Despicable Me yang karakter utamanya berwarna kuning seperti pisang. Bahan dari menu ini sederhana yaitu soft ice cream rasa banana dengan atau tanpa cone.

  • Valentine Drink

Di seluruh dunia kaum remaja dan dewasa muda merayakan hari Valentine di tanggal 14 februari. Seasonal Menu yang cocok pada kesempatan ini biasanya terbuat dari bahan chocolate dan strawberry karena membagikan coklat adalah tradisi hari Valentine dan warna pink pada strawberry melambangkan kasih sayang.

  • Christmas Cookies and Cream.

Perayaan natal identik dengan permen, kue kering, es krim, dan cokelat. Seasonal menu saat mendekati perayaan natal sering menggunakan bahan-bahan tersebut. Salah satunya adalah menu Cookies and Cream ini yang  menggunakan bahan baku strawberry blend, whipped cream, biskuit, saus cokelat dan taburan meises warna-warni.

Leave a Reply