5 Cara Pintar Melunasi Lilitan Hutang, Terbukti Ampuh.

       Dikejar-kejar hutang adalah hal yang sangat menekan dan membuat frustrasi sampai terkadang membuat kita menjadi ingin melarikan diri. Bahkan bisa sampai ekstrim memiliki niat untuk bunuh diri. Percayalah, itu bukan ide yang bagus. Bersama Tuhan selalu ada jalan keluar.

       Walaupun situasi setiap orang berbeda namun kami percaya 5 tips yang sudah terbukti ampuh ini bisa sangat membantu anda yang berkomitmen ingin melunasi lilitan hutang sehingga anda bisa menjadi orang yang merdeka.

  • Catat pengeluaran dan pemasukan.

Ini tips paling dasar. Tidak ada orang yang maju perang jika belum tahu situasinya dengan jelas. Saat tahu jumlah pengeluaran dan pemasukan kita dengan rinci, maka kita juga bisa mengukur seberapa berat hutang tersebut, jangka waktu yang paling masuk akal untuk melunasi, dan cara-cara melunasinya juga akan lebih mudah dicari jika setiap angkanya rinci.

  • Fokus memperbesar penghasilan, bukan memperkecil hutang.

Ini adalah pola pikir yang penting. Jika saat ini anda merasa berat membayar hutang yang besar, bayangkan jika penghasilan anda lebih banyak 3 kali lipat dari saat ini. Tentu hutangnya jadi tidak terlalu berat kan? Dan pasti anda juga dapat melunasinya lebih cepat. Memperbesar penghasilan bisa dengan mengambil pekerjaan sampingan, mengejar promosi, atau jika pekerjaan anda menjanjikan bonus maka tingkatkan performa anda untuk mendapat bonus itu.

  • Manfaatkan hutang “baik”.

Hutang “baik” adalah hutang yang membantu anda menaikkan penghasilan seperti membeli peralatan kerja, mengikuti pelatihan, dan membeli bahan-bahan baku untuk berjualan. Hindari hutang “jahat” yang sifatnya konsumsi seperti beli perangkat elektronik, hobi, dan hiburan.

  • Buat daftar hutang secara rinci dan fokus bayar hutang anda dari yang paling kecil.

Manusia bukan robot. Jika anda membayar hutang dari yang paling kecil maka anda sedang membangun momentum kemenangan kecil yang penting untuk memotivasi anda melunasi hutang-hutang yang lebih besar.

  • Ubah gaya hidup.

Tanpa sadar kita bisa saja punya gaya hidup yang salah. Belanja dengan kartu kredit, membeli dengan cicilan, atau sering “jajan” yang bukan kebutuhan sehingga hutang membengkak. Ubah pola hidup dan bedakan antara kebutuhan dan keinginan.

       Demikian tips yang dapat kami bagikan. Lakukan semuanya dengan konsisten maka niscaya hutang anda akan segera lunas. Jika prosesnya tidak berjalan mulus tetap optimis dan lakukan terus dengan konsisten karena melunasi hutang yang besar memang butuh proses. Yang penting adalah pikiran tetap tenang, suasana hati positif dan konsisten bertindak setiap hari.

       Doa dari kami, semoga hutang anda segera lunas dan anda dapat memetik hikmah dari pengalaman ini untuk bangkit menjadi pribadi yang lebih tangguh dan bijaksana. Amin!

Leave a Reply