7 Kegiatan Produktif yang Bagus Dilakukan di Rumah Selama Masa Pandemi Virus Corona

Di masa-masa sekarang ini pemerintah kita sedang sibuk menghadapi masalah nasional yaitu mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia dan membuat peraturan untuk setiap masyarakat untuk diam di rumah, yang harus bekerjapun menjadi bekerja dari rumah #wfh.

Sebagai warga negara yang baik, sudah kewajiban kita taat kepada aturan yang dibuat pemerintah dengan diam di rumah. Tetapi semakin kesini, ternyata banyak teman-teman kita yang sudah tidak betah karena bosan, padahal sebenarnya ada banyak hal yang bermanfaat tetap bisa kita lakukan walaupun terkurung dalam rumah.

masak bersama dirumah

Berikut ini adalah 7 Kegiatan Produktif yang Bagus Dilakukan di Rumah Selama Masa Pandemi Virus Corona:

  1. Belajar hal baru yang disukai
    Ini adalah saat yang tepat untuk mengembangkan potensi diri, mungkin selama ini anda terlalu sibuk bekerja sehingga tidak mengembangkan diri, diwaktu tenang dirumah seperti sekarang inilah saatnya kita bisa fokus belajar hal-hal baru seperti tips berbisnis, menulis artikel, menggambar ilustrasi.
  2. Olahraga dan bergaya hidup sehat
    Perut anda agak buncit? atau berat badan berlebih? cobalah untuk memulai gaya hidup sehat dengan berolahraga teratur, mulai dari yang paling sederhana seperti jogging di kompleks rumah anda, push up dan sit up, sedangkan untuk makanan sehatnya akan kita bahas di poin berikutnya.
  3. Masak sendiri dirumah
    Daripada selalu mengandalkan makanan dari luar, biayanya sudah pasti lebih boros, padahal toh anda juga dirumah, sehingga keputusan yang tepat untuk mulai memasak dirumah, jika tidak bisa masak boleh mulai belajar seperti di poin nomor 1. hehe..
  4. Komunikasi dengan keluarga
    Mungkin selama ini karena kesibukan komunikasi antar keluarga jarang dilakukan, seperti dengan ayah, ibu, kakak, adik, suami, isteri, bahkan dengan keluarga yang jauh. Bisa dimulai dengan menanyakan kabar dan bertukar pikiran tentang situasi saat ini, selain mendekatkan relasi, ada kemungkinan juga kita sendiri dapat inspirasi dari mereka.
  5. Merapikan rumah
    Mengatur kembali barang-barang sesuai pada tempatnya, penting juga untuk membuang barang-barang yang sudah tua / rusak, demi membangun kebiasaan hidup yang minimalis.
  6. Introspeksi diri
    Hal ini adalah yang paling jarang dilakukan orang, karena orang terkadang merasa diri tidak perlu berubah atau meningkatkan diri, padahal jika kita mau tenang sedikit, sebenarnya banyak hal dalam diri kita yang perlu peningkatan. Perenungan seperti ini bagus dilakukan saat diam dirumah.
  7. Ibadah
    Sama dengan poin nomor 6, hal ini juga jarang terpikirkan. Ibadah yang dimaksud bukan hanya sekedar kegiatan agama, tetapi benar-benar mendekatkan diri kembali kepada Tuhan, bertobat dari dosa yang mungkin selama ini tidak disadari dan berbalik pada jalan yang benar. Dengan demikian bukankah nanti Tuhan sendiri yang akan membukakan jalan untuk kita supaya dapat hidup lebih baik lagi?
berdoa dengan kerendahan hati dan bertobat

Itulah tadi 7 Kegiatan Produktif yang Bagus Dilakukan di Rumah Selama Masa Pandemi Virus Corona. Kita semua berdoa supaya pandemi ini dapat segera usai dan situasi baik kembali dan kita pun harus tetap produktif selama libur, supaya tidak ada energi yang sia-sia. Oke! Tetap semangat ya!

Tuhan Memberkati…

Leave a Reply