Cokelat Panas (Hot Chocolate), Minuman Enak & Praktis Dengan Manfaat Kesehatan

Slurrrp.. Enak.. Kapan terakhir kali anda minum cokelat panas? Mungkin saat masih kecil, anda pernah minum susu coklat? Cokelat panas (Hot Chocolate) adalah minuman yang digemari seluruh dunia, jadi bukan hanya di Indonesia! Karena selain enak & praktis dibuat, manfaatnya juga banyak. Jadi untung banget!

Jika ingin tahu asal mulanya sebelum menjadi minuman yang kita minum, awalnya cokelat terbuat dari biji pohon kakao (Theobroma Cacao), dikeringkan, lalu difermentasikan, kemudian diolahlah menjadi cokelat batang atau bubuk. Dan tahukah kamu? Indonesia menempati urutan ke-3 besar negara dengan penghasil cokelat! Cuma kalah dari Ghana (no 2) dan Pantai Gading (no 1) sebagai negara penghasil cokelat terbesar di dunia.
Mengkonsumsi cokelat panas berdasarkan pengalaman dapat memberikan manfaat kesehatan yang instant, berikut ini beberapa contohnya:

1. Meningkatkan kekuatan berpikir dan mengingat otak
Pakar kesehatan mengemukakan bahwa minuman cokelat bisa membantu meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan karena Flavonoid yang terkandung dalam cokelat mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Inilah yang bisa membantu kita berpikir dan mengingat lebih baik.

2. Menurunkan tekanan darah, mencegah hipertensi
Masih dari kandungan Flavonoid. Asupan antioksidan cokelat jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan yang ada dalam anggur dan teh hijau. Dan ini berperan besar untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh kita. Meskipun kita hanya minum cokelat panas dua atau tiga kali setiap minggu.

3. Menyehatkan jantung
Makan atau minum cokelat juga baik untuk kesehatan jantung karena bisa mencegah pengerasan pembuluh darah dan menurunkan LDL kolestrol, tetapi perlu diperhatikan cokelat yang dimaksud adalah yang tidak terlalu banyak dicampur dengan susu & gula. (lebih bagus dark chocolate)

4. Mengurangi berat badan
Lho! Kenapa bisa? Bukannya cokelat panas itu manis yang biasanya bikin gemuk? Tidak juga, karena antioksidan dari cokelat meningkatkan metabolisme, dan kalorinya membuat kita lama merasa lapar.

5. Meningkatkan suasana hati
Ini dia yang sangat terbukti.
drink chocolate
Cokelat panas bisa membantu menghilangkan kesedihan, memperbaiki suasana hati, baik itu membantu melawan stress, rasa cemas ataupun depresi. Karena cokelat panas merangsang pelepasan endorfin yang mampu meningkatkan mood dan membuat kita merasa lebih bahagia.

Tidak disangka kan? Ternyata minuman cokelat panas (Hot Chocolate) yang enak dan praktis ini banyak manfaatnya. Tetapi perlu diingat, jika kamu berencana mengonsumsi minuman cokelat panas secara rutin, tidak dianjurkan menambahkan gula secara berlebih karena tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, pilihlah cokelat yang sedikit mengandung susu atau biasa disebut dark chocolate. Karena minuman cokelat panas yang sedikit mengandung susu memiliki kadar antioksidan jauh lebih banyak, yang baik untuk kesehatan.

Keep Calm and Enjoy Hot Chocolate! =)

Dapatkan terobosan pengetahuan dunia F&B mengenai minuman disini:
18 Jenis Minuman Favorit Cafe Berdasarkan Karakteristik Bahannya

Leave a Reply