7 Skill Wajib Pengusaha Yang Membuat Bisnis Berkembang Pesat

Sebenarnya semua orang bisa menjadi pengusaha, tapi hanya sedikit yang berhasil menjalaninya. Kenapa? Karena untuk menjadi seorang pengusaha dibutuhkan komitmen. Komitmen untuk terus berusaha walaupun tidak mendapatkan hasil atau belum nampak. Risiko terbesar yang harus dihadapi setiap pengusaha adalah risiko gagal alias bangkrut.

Dari data ini kita bisa melihat bahwa dunia bisnis memang sulit, dari 100 bisnis yang didirikan, hanya 4% yang mampu melalui 10 tahun perjalanan. Dapat kita katakan untuk mereka yang berhasil melalui ini, sebenarnya mereka sudah membawa banyak manfaat positif, baik bagi dirinya sendiri, orang-orang terdekat mereka, bahkan dunia.

Tapi kemungkinan kecil bukan berarti mustahil kan?

Seperti yang sudah dikatakan di awal sebenarnya semua orang dapat jadi pengusaha asal mereka memiliki kualifikasi dan kemampuan khusus. Karena itu dengan berbekal pengalaman selama 8 tahun di dunia bisnis dan menciptakan nilai, kami dapati ada 7 Skill Wajib Pengusaha Yang Membuat Bisnis Berkembang Pesat. Yaitu:

1. Berpikir Konsep

Ini adalah fondasinya. Setiap bisnis harus memiliki tujuan jelas mengapa produk atau jasanya dibutuhkan oleh marketplace?

Secara sederhana pola pikir konsep dalam bisnis dapat dibagi jadi 3 yaitu:

WHY (Mengapa): Mengapa bisnis ini harus ada? Apa manfaatnya bagi masyarakat? Dengan terus menggali jawaban dari pertanyaan seperti ini anda akan menemukan tujuan utama bisnis anda.

HOW (Bagaimana): Bagaimana kita harus membuat produk? Bagaimana kita ingin dinilai oleh masyarakat? Dari sini anda dapat menemukan bagaimana cara perusahaan untuk mencapai tujuan utamanya.

WHAT (Apa): Apa saja hal-hal teknis yang perlu dilakukan perusahaan supaya mencapai tujuan utamanya dengan cara yang benar? Jawaban dari pertanyaan ini akan membuat anda menemukan semua tugas yang perlu dikerjakan. contoh: menyiapkan katalog, membuat foto produk, mencari resep, beriklan di media sosial, dll).

2. Persuasi

Persuasi sering dianggap sekedar kemampuan mempengaruhi, namun pengusaha sukses melakukannya lebih jauh lagi yaitu mempengaruhi hingga terjadi tindakan, atau seringkali kita sebut “closing”. Persuasi dapat dilakukan secara lisan seperti meyakinkan pelanggan secara tatap muka atau negosiasi dengan pemasok dan juga secara tertulis seperti mendesain flyer atau membuat konten di media sosial dan blog. Intinya adalah mempengaruhi orang lain.

3. Kepemimpinan

Pengusaha sejati tahu mereka tidak dapat mencapai hal besar sendirian, jadi mereka melatih kepemimpinan mereka. Menentukan visi dan misi, memastikan seluruh tim berjalan sesuai tujuan tersebut, memotivasi dan membimbing karyawan adalah beberapa contoh peran pengusaha sebagai pemimpin.

4. Berbicara di Depan Umum

Mungkin anda tidak menyangka bahwa berbicara di depan umum adalah ketakutan terbesar bagi banyak orang padahal kemampuan ini sangat penting saat anda harus mempresentasikan ide anda, memimpin rapat, atau kegiatan lainnya yang mengharuskan anda berbicara di depan banyak orang.

5. Manajemen Waktu

Semua orang mendapat waktu yang sama dari Tuhan yaitu 24 jam sehari, namun pengusaha yang mengatur waktu dengan baik sesuai skala prioritas yang benar bekerja efektif, dengan demikian cepat atau lambat kesuksesan akan diraih.

6. Pengelolaan Finansial

Pengusaha sukses membangun bisnis dengan mengelola uang sebagai sumber daya dengan cerdas. Membuat pembukuan, melakukan efisiensi secara berkala, dan memastikan agar bisnis tidak pernah kehabisan dana cair (cash) adalah tantangan yang hanya dapat diatasi jika anda senantiasa mengasah kemampuan mengelola keuangan anda.

7. Kematangan Karakter

Pengusaha menempuh jalan “minoritas” yang membawanya menghadapi banyak risiko, situasi menakutkan dan berbagai tantangan baru sehingga penting sekali untuk melatih karakter yang benar sebagai bekal dalam menghadapi kegagalan, tekanan yang beruntun, dan memastikan tidak jemawa saat situasi berjalan lancar. Beberapa contoh karakter kunci yang harus diasah pengusaha agar sukses adalah integritas, rendah hati, dan kerja keras.

Jika anda seorang pengusaha atau ingin menjadi pengusaha, renungkan ketujuh kemampuan ini dan temukan kemampuan mana dalam diri anda yang paling kuat di daftar ini. Terus kembangkan hingga anda menjadi ahli sehingga usaha anda pun dapat memberkati orang lain.

Selamat mempraktekkan dan alami sukses dalam bisnis anda!

Published by deddytanzil

Mimpi besar selalu dimulai dari langkah pertama. Mari bersama IBT memajukan usaha kuliner bangsa menjadi lebih baik.

Leave a Reply

subscribe!

Penawaran Menarik dan Info Tips Khusus untuk Anda