5 Tips / Kebiasaan Positif yang Bisa Dipetik dari Situasi Pandemi Untuk Menghadapi Kondisi New Normal

Saat tulisan ini dibuat Indonesia rata-rata masih dalam tahap “PSBB Transisi” dimana tempat-tempat umum sudah dibuka kembali walaupun harus tetap menerapkan protokol kesehatan, walaupun begitu sebenarnya pemerintah masih menghimbau masyarakat untuk tetap dirumah jika tidak ada situasi darurat.

Sebenarnya kita perlu bersyukur bahkan bangga karena dapat melewati sekitar 5 bulan masa pandemi ini, dan kita masih ada hingga hari ini.

Bukan hanya itu, ternyata kita dapat memetik pelajaran positif atau tips yang dapat membuat kita lebih efektif dan efisien dalam bekerja sehari-hari.

Berikut 5 Tips / Kebiasaan Positif yang Bisa Dipetik dari Situasi Pandemi Untuk Menghadapi Kondisi New Normal:

  1. Bekerja Dari Rumah (WFH)
    Sebenarnya hal ini adalah yang paling berubah. Banyak industri akhirnya menyadari bahwa tidak semua pekerjaan harus dikerjakan dikantor, sehingga kita sendiri dapat menyesuaikan waktu kita dalam pekerja. Metode ini sangat cocok terutama untuk mereka yang memiliki privilege untuk bebas memilih tempat bekerja. contoh: self employee.

  2. Olahraga Di Rumah

    Dulu kita berpikir olahraga itu harus dilakukan di tempat khusus seperti gym atau tempat yang terbuka, tetapi kondisi pandemi ini membuat banyak dari kita mengubah kebiasaan kita, yaitu olahraga ternyata bisa dilakukan di rumah, hanya dengan peralatan sederhana seperti matras olahraga. Hal ini tentunya dapat menghemat waktu bagi orang yang sibuk.

  3. Online Meeting
    Metode ini juga cukup mengubah budaya kantor saat ini, tidak ada lagi persiapan tempat dan segala sesuatu yang rumit untuk meeting, karena dapat dilakukan secara praktis yaitu online. Hal ini tentunya dapat menghemat waktu dan biaya. Walaupun memang masih ada keterbatasan dalam meeting online dibanding meeting tatap muka.

  4. Food Delivery

    Sebenarnya tidak semua orang melakukan food delivery saat pandemi, sebagian besar ada yang memasak dari rumah. Tetapi bagi kita-kita yang membutuhkan hal-hal praktis, ternyata food delivery dapat membantu kita lebih produktif dengan tidak perlu harus selalu memikirkan “mau makan apa?”, apalagi kita makan 3x sehari.

  5. Waktu Tenang / Introspeksi
    Banyak orang karena saking sibuknya tidak memiliki waktu lagi untuk tenang, bahkan untuk melihat sudah dimanakah posisi kehidupannya. Tapi pandemi ini membuat kita semua menjadi terpaksa tenang dirumah. Waktu tenang dapat menjadi kesempatan kita untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan evaluasi diri sehingga kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Demikian tips-tips yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat bagi kehidupan anda, sehingga dapat kembali mempertimbangkan keseharian anda dan menjadi lebih produktif di masa New Normal ini.

Tetap semangat dan semoga sukses! Tuhan memberkati.

Leave a Reply