Analisa Kunci Sukses 2 Brand Raksasa Cafe Starbucks vs Warunk Upnormal

Suatu usaha / outlet bisa dikatakan sukses, jika ia memberikan value untuk memenuhi kebutuhan target pasarnya.

3 Kebutuhan paling dicari adalah:
– Makanan dan Minuman
– Tempat berkumpul selain rumah / kantor
– Refreshing / hiburan

Pada kesempatan kali ini saya akan mereview antara 2 Brand yang ada di Indonesia, yang mana terkenal dengan gayanya masing2, yaitu Starbucks & Warunk Upnormal. Dan masing-masing keunggulannya tersendirinya. Yaitu:

1. Taste, produk makanan / minuman yang enak.0087F080-DF65-4584-903E-1D9B33D9DC1F

Starbucks memang sangat terkenal sebagai coffee shop dengan rantai franchise terbanyak di Indonesia, total 200 outlet hanya di Jakarta saja. tetapi walaupun begitu, rasa kopi yang disajikan starbucks bersifat umum, hal ini dilakukan agar rasanya cocok kepada seluruh kalangan. Tidak seperti kopi yang dicari2 oleh coffee enthusiast.

Begitupun dengan Warunk Upnormal, mereka mengincar pasar yang luas, dengan berbagai menu yang sangat umum seperti indomie, roti bakar, nasi goreng, jadi soal rasa tidak dapat dibilang istimewa.

Karena itu kami memberi penilaian:
Starbucks ⭐️⭐️⭐️⭐️
Warunk Uprnormal ⭐️⭐️⭐️⭐️
Skor: 1 – 1

2. Menu Variation, produk makanan / minuman yang bervariasi.84091A5B-B80F-4F62-B73A-FD821981B43A

Dalam hal variasi menu Starbucks memiliki banyak pilihan minuman kopi dan beberapa roti atau kue, tetapi tidak memiliki pilihan makanan berat (main course). Berbeda dengan Warunk Upnormal yang menyediakan berbagai pilihan makanan berat, seperti nasi goreng, nasi ayam katsu / teriyaki, bakso kuah, tetapi juga menyediakan jus dan kopi.

Karena itu kami memberi penilaian:
Starbucks ⭐️⭐️⭐️
Warunk Uprnormal ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Skor 1 – 2

3. Ambience, tempat yang memiliki suasana nyaman.210374B6-4AB0-4B48-AAFF-D86C0B039354

Starbucks terkenal dengan filosofinya yang ingin menjadikan outletnya sebagai rumah ketiga konsumen, disamping rumah dan kantor. Karena itu dari sisi ambience Starbucks membuatnya sangat bagus dan cozy, mulai dari meja kursinya hingga lampu penerangannya, sehingga suasananya sangat nyaman dan sering digunakan para freelancer untuk bekerja. Sedangkan Warunk Upnormal sebenarnya juga sudah berusaha membuat ambience yang baik, hanya saja tidak sebaik Starbucks.

Karena itu kami memberi penilaian:
Starbucks ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Warunk Uprnormal ⭐️⭐️⭐️⭐️
Skor: 2 – 2

4. Service, pelayanan yang prima.644748C6-4C4C-4C3A-82A6-3B639F2E8CF3

Dalam hal service pun Starbucks melakukannya dengan sangat baik, dari sekian banyak pengalaman kami dilayani oleh barista Starbucks, 9 dari 10 membuat kami konsumen merasa disambut dengan akrab, dalam hal menanyakan order, hingga menjawab pertanyaan. Sedangkan untuk Warunk Upnormal, walaupun pelayannya cukup oke, tapi mungkin karena jobdesk para pelayan di restoran cukup banyak sehingga kesan pelayanan yang tersampaikan tidak sebaik barista Starbucks.

Karena itu kami memberi penilaian:
Starbucks ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Warunk Uprnormal ⭐️⭐️⭐️
Skor: 3 – 2

5. Price, produk makanan / minuman yang murah.C86DC9EF-91A4-41EB-871A-B13B9ADF2B79

Tidak dapat dipungkiri harga yang dipatok Starbucks memang relatif tinggi, hal itu dapat dimaklumi melihat dari kualitas produk, kenyamanan dan pelayanan prima yang ditawarkan oleh Starbucks. Sedangkan untuk Warunk Upnormal, walaupun tidak dapat disebut murah, tetapi dibanding Starbucks dengan nilai yang sama, kita dapat memperoleh menu makanan dan untuk menu minumannya bahkan hanya setengah harga dari Starbucks. Tetapi sekali lagi, ini hanyalah opini, semuanya kembali kepada penilaian masing-masing konsumen.

Karena itu kami memberi penilaian:
Starbucks ⭐️⭐️⭐️
Warunk Uprnormal ⭐️⭐️⭐️⭐️
Skor: 3 – 3

Dengan demikian hasil dari perbandingan value kedua Brand ini adalah Seri (Draw)

Sekedar info, dalam membuat artikel ini kami tidak sedang melakukan endorse atau mempromosikan salah satu brand, kami hanya melakukan review berdasarkan riset pribadi, jadi penilaiannya pun adalah opini pribadi. Tujuan kami sebenarnya adalah agar para pengusaha F & B dapat menjadikan riset ini sebagai bahan inspirasi dan pertimbangan untuk meningkatkan value yang dapat diberikan kepada konsumen agar outlet anda makin sukses.

Leave a Reply