7 Cara Pamungkas Diet Sehat Untuk Mengurangi 1/10 Berat Badan Semula

Resolusi menjadi kata yang lazim diucap saat pergantian tahun. Khususnya mereka yang mau diet. Satu isu besar yaitu resolusi sering tak berjalan lancar, alias gagal!

Nyatanya, sekitar 30% resolusi tahun baru kebanyakan gagal bahkan sebelum bulan Februari menjelang. Peluang gagal kian meningkat semisal resolusi yang diambil tak realistis, kurang spesifik, atau justru terlalu membatasi.

Seperti saat mengatakan, “Saya tak akan mengkonsumsi karbohidrat”, jelas tak efektif karena terlalu membatasi. Atau, “Saya akan menurunkan berat badan”, tak akan efektif sebab kurang spesifik. Lantas, bagaimana caranya? Tentunya membuatnya spesifik, dengan tujuan & action plan. Pada tips kali ini adalah membuat berat turun 1/10 berat semula. Jadi jika berat anda 70kg, targetkan 70-7= 63kg.

#1. Tidur lebih banyak

cerebral-palsy-sleeping-tips
Semua diawali dengan istirahat yang cukup. Untuk pertama, buat resolusi tidur lebih banyak dan berkualitas. Tujuh jam merupakan waktu yang cukup ideal untuk istirahat, dan resolusi ini cenderung mudah dicapai.

Kurang tidur bisa memicu munculnya ghrelin (hormon yang bertugas mengontrol rasa lapar) dan mengurangi kadar leptin (hormon yang memicu nafsu makan). Pendeknya, saat tubuh lelah maka hormon seolah melawan balik lalu menstimulasi rasa lapar meski sudah makan tak terhitung banyaknya. Hasilnya bisa ditebak, berat badan jadi bertambah.

Action: Setel alarm anda untuk bangun di waktu yang sama setiap hari. Tujuannya untuk menjaga siklus tidur supaya tidak sampai kelebihan tidur dan akhirnya jadi begadang

#2. Ikut kelas meditasi

Mungkin rasanya aneh karena tidak ada hubungan langsung terhadap diet. Justru itu, satu studi mengatakan bahwa meditasi mampu menekan nafsu makan sehingga tidak emosial saat melihat makanan. Yang musti dipahami, emosi selalu terkait dengan psikis, dan meditasi merupakan sarana yang tepat untuk melatih pola pikir terkait apa yang harus dimakan.

Tahun ini, buatlah suatu komitmen untuk melakukan meditasi barang 10 menit. Bisa dengan mengambil kelas khusus, atau melakukan secara mandiri. Latihan ini berguna untuk melatih sabar dan reaksi emosi, sehingga membantu proses penurunan berat badan.

Action: bagus jika ada kelas meditasi, jika tidak ada pun, anda dapat melakukan ini dirumah dengan duduk berdiam diri sambil tutup mata. Latih penguasaan diri untuk tidak melakukan hal lain, atau mengambil hp anda. Anda dapat bersyukur dan berdoa kepada Tuhan saat bermeditasi.

#3. Jadilah kuat, bukan langsing

upper-body-dumbbell-exercises-biceps-triceps-shoulders
Seharusnya, tujuan pokoknya adalah menjadi kuat, bukan menjadi langsing. Latihan fisik atau latihan beban bisa membuat tubuh jadi makin kuat dan mampu meningkatkan sistem metabolisme.

Masalahnya, wanita kadang tak mau latihan semacam ini karena tak ingin tubuhnya jadi kekar. Tapi tak perlu kuatir, wanita tak cukup punya testosterone untuk membuat tubuh tambah kekar.

Bahkan, latihan angkat beban bisa memicu pertumbuhan otot jadi lebih kuat tapi ramping, yang selanjutnya meningkatkan pembakaran lemak. Latihan angkat beban mingguan sudah cukup bisa mempromosikan metabolism lebih sehat dan menjaga tingkat gula darah.

Action: latihan alat di gym, melatih otot dada, otot punggung, otot bahu, otot tangan, otot kaki. Jika anda tidak bisa berlangganan gym, anda dapat melakukan pushup & lari min 10k per minggu.

#4. Sederhanakan nutrisi

Tahun ini, fokus pada kualitas makanan yang dipilih. Saat berpikir tentang nutrisi, coba ucapkan ‘‘Saya makan untuk memberi nutrisi tubuh’’ sehingga akan lebih memberi motivasi untuk mengkonsumsi makanan berbasis nutrisi.

Gunakan motivasi ini saat memilih makanan, dan otak akan berpikir tentang ‘makanan asli’, buah, sayur, kacang-kacangan, juga makanan sehat lain. Ini juga menjadi cara bagus untuk mengelola mentalitas diet supaya jadi lebih baik.

Action: hindari makanan berlemak, berminyak dan manis.

#5. Penuhi kuota sayuran harian

02_clear_signs_not_eating_enough_vegetables_color_plate_alexandra-iakovleva
Misalnya dengan makan satu jenis sayur tiap hari, entah matang atau mentah (lalapan), itu akan menambah energi dan kesehatan. Tak harus rumit juga repot, kuota satu sayur satu hari sudah cukup memenuhi kuota diet harian. Tapi lebih bagus jika porsi harian dibuat variasi.

Menambah asupan sayuran harian bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, sekaligus membantu mencegah penyakit. Ditambah, sayuran punya efek semacam penahan rasa lapar.

Sayuran dengan warna gelap punya khasiat menekan nafsu makan juga meningkatkan rasa kenyang lewat kandungan fiber dan asam lemak esensial, sehingga nutrisi semacam ini wajib ada tiap makan.

Action: 1 hari, minimal 1x makan sayur

#6. Hindari warna putih

Ingin menghilangkan berat badan secara cepat? Berjanjilah menghindari hidangan apapun yang berwarna putih, misalnya tepung, nasi, juga lainnya. Karbohidrat dari beberapa bahan ini pada dasarnya rendah kalori, kadang sama sekali tak punya.

Konsumsi makanan semacam ini hanya membuat berat badan tambah naik, kadang memicu kelainan metabolism. Hindari bahan berwarna putih, lalu tambah persediaan bahan makanan yang berwarna.

Biji-bijian mampu menyediakan nutrisi kuat dan antioksidan yang bisa membentuk dan meningkatkan sistem imunitas, mencegah kanker, mengurangi risiko jantung, juga memperlambat penuaan.

Action: makan nasi putih sebanyak 1/3 piring anda

#7. Minum sebelum makan

file-20180419-163991-13qaeez
Resolusi diet tahun ini paling mudah dilakukan yaitu, buat ritual harian dengan minum air putih lebih banyak, terkhusus sebelum makan. Studi tahun 2015 menunjukkan partisipan yang minum air hingga 16 ons (setara 0,4 liter) 30 menit sebelum makan bisa bantu mengurangi berat badan dibanding yang tidak.

Sebabnya, minum air putih akan membuat perut lebih cepat kenyang, sehingga mampu mengurangi porsi makan. Karena porsi makan hanya sedikit, ada peluang makanan yang dipilih jadi lebih berkualitas.

Action: minum air tidak kurang dari 2 liter per hari

Selalu ingat, tak ada satupun yang bisa melakukan diet sempurna, atau tak satupun bisa mengkonsumsi makanan 100% sehat. 80% sampai 90% keberhasilan sudah mampu memberi efek besar pada penurunan berat tubuh. Penuhi kisaran ini dan hindari diet sempurna.

Di atas semua ini, menjaga tingkat motivasi tetap tinggi dapat menjaga resolusi diet berjalan sesuai rencana. Tak jarang, rendahnya motivasi membuat diet gagal. Tapi lewat resolusi diet yang realistis dan spesifik, berat badan turun bukan sesuatu yang sulit dicapai.

Leave a Reply