Tips Cara Menggunakan Media Sosial Untuk Usaha Cafe Makanan dan Minuman. (Part 2)

Jika di artikel sebelumnya kita membahas tentang bagaimana cara mulai menggunakan social media untuk marketing bisnis makanan dan minuman atau cafe anda. Sebelumnya pada artikel berikut:
Tips Media Sosial Untuk Promosi Cafe Anda. (Part 1)

Kali ini akan dibahas lebih lanjut bagaimana agar membuatnya maksimal.

When something is important enough, you do it even if the odds are not in your favor. (Elon Musk)

Kebanyakan orang malas berpikir, mereka hanya ingin melakukan hal-hal yang mereka sukai, sayangnya dalam hal marketing yang diperlukan justru berpikir, karena itu sebaiknya kita menyukainya.

Tetapi kami akan menawarkan solusi kepada anda untuk membuatnya lebih mudah, yaitu:

1. Pisahkan antara pekerjaan berpikir dan pekerjaan fisik.

berpikir dan pekerjaan fisik

Marketing adalah pekerjaan berpikir, sedangkan sales / operasional rutin bisnis anda adalah pekerjaan fisik, sehingga effort yang diperlukan untuk masing-masing berbeda.  Dibutuhkan fokus untuk masing-masing pekerjaan, risiko jika mencampurkannya adalah distraksi (pengalihan fokus) yang mana tidak bagus untuk bisnis anda. Kecuali anda seorang single fighter yang melakukan semuanya sendiri, tapi sebaiknya situasi tersebut bisa dilewati.

2. Tentukan jadwal.

Tentukan jadwal untuk memposting & menganalisa social media anda secara rutin, sehingga anda memiliki sistem dan dapat menjalankannya secara autopilot. Seperti: menetukan setiap hari apa saja & di jam berapa anda ingin melakukan posting, membuat template (auto text) untuk membalas pertanyaan followers, menetukan halaman-halaman bisnis panutan anda untuk anda tiru, melakukan analisa perkembangan setiap seminggu / sebulan sekali. Dan sambil anda menjalankannya, anda bisa sekaligus mencari inspirasi baru untuk social media anda.

3. Pelajari hal teknis.

starbucks screen

Anda dapat belajar dengan membaca buku-buku yang membahas tentang marketing, hal-hal apa saja yang mempengaruhi perilaku manusia, dan mempraktekkannya ke social media marketing anda. Seperti penambahan gambar visual untuk memudahkan penyampaian kepada pelanggan, pemilihan warna yang sesuai dengan bidang bisnis anda, mempelajari platform-platform social media lain yang mungkin bisa anda gunakan, apapun yang bersifat teknis.

4. Istirahat sejenak atau lakukan refreshing untuk mendapatkan inspirasi

hangout cafe

Istirahat atau refreshing tidak selalu menjadi hal yang tidak produktif, istirahat atau refreshing sangat diperlukan untuk menyegarkan kembali pikiran anda sehingga biasanya ide-ide brilian bisa muncul, bahkan mungkin ide yang bisa membuat bisnis anda melakukan lompatan besar (big leap). Don’t underestimate the power of inspiration.

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, marketing merupakan sebuah proses, permainan jangka panjang. Anda dapat terus belajar, mencontoh cara perusahaan-perusahaan terbaik dalam melakukan social media marketing mereka.

Tips terakhir dari kami: tetap buatlah website anda sendiri, agar bisnis anda tidak bergantung seluruhnya pada platform luar. Sehingga jika terjadi sesuatu pada akun social media anda, anda masih memiliki website anda. Manfaatkan social media untuk menghubungkan link ke website pribadi anda.

jika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh. Kami percaya social media anda akan memberikan dampak marketing yang hebat. Selamat mencoba! =)

Leave a Reply