Tips Cara Menggunakan Media Sosial Untuk Usaha Cafe Makanan dan Minuman. (Part 1)

Apapun bisnis anda atau usaha anda di era digital zaman sekarang ini (jaman now) marketing (pemasaran) dengan media sosial sudah merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Ya, termasuk juga untuk usaha makanan dan minuman atau bisnis cafe anda. Alasannya adalah karena social media marketing telah menjadi sarana yang sangat efektif dan efisien dalam menjangkau pasar di seluruh dunia (global) dengan biaya relatif rendah, bahkan gratis!

Bagaimana cara memulainya? Biasanya ini adalah bagian yang tersulit.

Pertama-tama 1 hal terpenting yang harus diyakini adalah, harga murah bukan lagi faktor terpenting untuk memenangkan persaingan, tetapi kecocokan produk. Ini meliputi pemahaman tentang konsumen, edukasi dan pastinya interaksi antar penjual pembeli. Hal-hal ini pada praktiknya jauh lebih penting dari harga murah.

Setelah mengetahui hal ini, barulah kita dapat maksimal dalam menggunakan social media. Karena social media tidak digunakan untuk menjual, tetapi sarana untuk bersosialisasi, (sesuai dengan artinya: media sosial).

Mari kita mulai dengan urutan seperti ini:

1. Tentukan satu social media utama
Jika bisnis anda berskala besar, memiliki struktur organisasi yang kompleks dan bergerak di lini bisnis antar bisnis maka pilih Facebook & LinkedIn. Alasannya karena social media ini memiliki pasar yang luas, banyak terdapat para profesional dan pemilik bisnis serta golongan umur pun lebih panjang. Tetapi jika bisnis anda skala menengah atau kecil, gunakan Instagram. Instagram tepat karena social media ini berfokus pada foto yang indah, sesuai dengan tujuan anda jika ingin mempromosikan produk anda. Target pasarnya pun kepada user langsung, yang mana rentang umurnya biasanya dibawah 45 tahun sebagai potential consumer.

Social Media Logotype Background

Mengapa pilihan social medianya sangat sedikit? Karena memang sebaiknya mengambil platform yang paling efisien dan terdapat banyak user. Facebook & Instagram adalah 2 social media terbesar di dunia. Dan mengapa hanya disarankan pilih salah satu saja? Karena memang sebaiknya fokus pada satu platform dan berhasil, dibanding semua platform tapi tidak maksimal (kecuali jika anda memiliki tim digital marketing yang ahli).

2. Lengkapi profil halaman social media anda
Cantumkan sebanyak mungkin informasi. Seperti spesialisasi bidang usaha anda, link website pribadi, alamat lokasi, nomor telepon (contact person), email, slogan, testimoni, foto produk, atau apapun yang mencerminkan bisnis / usaha anda.

3. Buat konten yang menarik
Konten artinya isi / informasi yang disampaikan pada masyarakat, seperti postingan foto atau tulisan. Konten yang menarik adalah konten yang memberikan manfaat untuk pengikut anda, seperti informasi, tips, kalimat motivasi, foto atau video yang menggugah perasaan/emosi. Bagian ini membutuhkan kreativitas agar pengikut anda tidak cepat bosan dengan konten anda.

4. Lakukan interaksi & ajakan untuk menambah follower
Jika halaman social media kita bermanfaat (tergantung kualitas konten) pastinya akan ada follower / pengikut. Untuk tahap awal mungkin follower hanya berasal dari teman-teman dekat saja, tetapi dengan interaksi dan inisiatif ajakan dalam setiap konten anda, maka dampak awareness (kesadaran masyarakat) pun akan meluas. Jangan membeli follower, karena follower yang tidak asli tidak memberikan dampak awareness.

work at home

Mungkin setelah melakukan semua ini, hasil belum bisa langsung didapatkan, karena memang marketing bukanlah sebuah tindakan instan, tetapi lebih kepada suatu proses. Fokus utama dari social media marketing adalah untuk membangun Brand anda, yang mana akan sangat berharga di masa depan. Bukan berfokus pada melakukan penjualan transaksi di social media.

Selamat mencoba! =)

Lanjutkan untuk tips berikutnya disini:
Tips Media Sosial Untuk Promosi Cafe Anda. (Part 2)

Leave a Reply