4 Tips Menentukan Harga Paling Cocok Untuk Menu Makanan atau Minuman Usaha Anda

Bagi anda yang sedang ingin membuka usaha baru, pasti menghadapi tahapan penentuan harga jual. Kalau menetapkan harga terlalu mahal bisa membuat jualan tidak laku, tapi kalau terlalu murah juga nanti bisa rugi, malah kerja sosial. Inilah persoalan klasik setiap pengusaha. Tapi jangan terburu-buru menentukan, karena harga tidak boleh asal-asalan.

Kami Memiliki 5 Tips Menentukan Harga Paling Cocok Untuk Menu Makanan atau Minuman yang Anda Jual:

  1. Menetapkan Role Model.
    Bandingkan outlet anda dengan outlet sukses yang sejenis di kelas yang sama, kemudian tetapkan harga jual anda dibawah mereka. Mengapa? Karena outlet anda masih baru, jadi anda lebih membutuhkan promosi dibanding mereka.

  2. Sesuaikan Dengan Modal Anda.
    Modal yang dimaksud bukan cuma perkara bahan baku, tetapi juga biaya sewa, biaya karyawan, sampai biaya marketing. Kalkulasikan dengan target keuntungan anda. Setelah semua perhitungan selesai, anda akan mendapatkan suatu angka yang jelas.

  3. Perhatikan Lokasi.
    Pinggir jalan atau dalam mal? Sekolahan atau Kantoran? Tempat menentukan kelas usaha anda, yang berhubungan dengan harga dagangan anda. Sebaiknya menetapkan harga murah untuk lokasi menengah kebawah seperti pinggir jalan / sekolah, dan harga lebih mahal untuk lokasi menengah keatas seperti mal / perkantoran.

  4. Terapkan Kepada Diri Sendiri.
    Tips terakhir, karena ini adalah dagangan anda, coba hadapkan kepada diri anda sendiri. Apakah anda sendiri merasa worth saat membeli produk anda? Jika worth, maka sudah benar, tapi jika tidak, mungkin anda perlu menurunkan harga atau meningkatkan benefit.

Penetapan harga yang tepat dapat memaksimalkan potensi daya saing anda dalam pertandingan bisnis. Terus melakukan penyesuaian jika terjadi inflasi supaya usaha anda tidak mengalami kerugian. Semoga berhasil!

Leave a Reply