Perbedaan Tipe Jenis Gilingan Biji Kopi, Kelebihan dan Kekurangannya. Mana Yang Cocok Untuk Anda?

Secangkir Kopi adalah Karya Seni

Sungguh disayangkan, karena minimnya informasi, masih banyak orang menikmati kopi secara tidak maksimal. Biji kopi yang harusnya baik, menjadi kopi yang buruk karena diperlakukan asal-asalan.

Jika ada 1 hal yang paling perlu diperhatikan dalam memperlakukan biji kopi, maka hal itu adalah cara menggiling. Karena hasil gilingan dapat mempengaruhi banyak hal antara lain:
– proses ekstraksi yang menentukan kualitas kopi itu sendiri
– tingkat kekentalan dan keasaman kopi yang dihasilkan
– after taste setelah diminum / diseruput
– ketahanan kopi saat penyimpanan

keterangan foto: penyimpanan biji kopi yang baik

Berikut penjelasan tiap jenis gilingan kopi dan contoh penerapannya:

  1. Bean. (Biji Kopi)
    Bean atau biji adalah kopi yang belum digiling sama sekali. Kopi jenis ini adalah kopi yg paling ideal untuk disimpan sebagai stok. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah yang kedap udara untuk mencegah aroma keluar.

  2. Coarse. (kasar)
    Coarse adalah ukuran gilingan yang paling kasar. Tekstur dan ukurannya menyerupai garam laut. Jenis gilingan ini cocok untuk penyeduhan French Press, Percolator, dan Cupping.

  3. Medium. (pertengahan antara kasar dan halus)
    Medium sedikit lebih halus dari Coarse. Tektstur dan ukurannya seperti pasir. Jenis gilingan ini cocok untuk penyeduhan menggunakan cone (kerucut) atau datar, Siphon Coffee, dan Aeropress (dengan lama penyeduhan lebih dari 3 menit).

  4. Fine. (halus)
    Fine merupakan tekstur kopi yang sangat halus. Kehalusannya bahkan lebih halus dari garam meja. Ukuran gilingan jenis ini cocok untuk metode penyeduhan espresso, stovetop espresso maker, moka pot, serta Aeropress (dengan waktu penyeduhan 1-2 menit).
keterangan foto: jenis gilingan biji kopi paling umum

Setiap jenis gilingan kopi membawa ciri khas masing-masing dan layaknya sebuah seni memberikan nuansa yang berbeda-beda saat dinikmati.

Selamat menikmati kopi anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply