Tips bagi Anda yang Komitmen Membangun Bisnis yang Sukses

Membangun bisnis mirip dengan membangun rumah, yang paling penting adalah fondasi dan blueprint nya. Jika anda ingin bisnis anda berhasil dan terus maju diperlukan perencanaan yang benar. 

Banyak sekali bisnis makanan dan minuman yang sebenarnya enak namun sepi hingga bangkrut. Hal ini sebenarnya bisa dihindari seandainya para pengusaha tahu bahwa customer tidak hanya menilai makanan dan minuman dari enaknya saja.

Sebagai pengusaha anda harus tahu berbagai hal yang diharapkan oleh customer anda. 

Tempat yang bersih, pelayanan baik dan lokasi strategis adalah contoh beberapa hal yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan customer Anda. Inilah yang membuat perencanaan dan persiapan sangat penting.

Skala Bisnis Minuman Berdasarkan Modal

Modal Kecil

< 5 Juta

Menu 1-2 Variasi

Harga jual di bawah Rp 15.000/cup

Menggunakan 1-2 Karyawan

Usaha Modal Kecil berfokus pada spesialisasi produk dan efisiensi biaya mulai dari biaya peralatan, bahan baku, sewa, karyawan, semuanya di standar minimal. Sebaiknya fokus kepada 1 jenis minuman.

Modal Menengah

5 Juta - 25 Juta

Menu 2-3 Variasi

Harga jual Rp 12.000-Rp 25.000/cup

Menggunakan 2-4 Karyawan

Usaha Modal Sedang dapat bergerak lebih leluasa untuk memilih lokasi strategis, menyediakan beberapa jenis minuman dan memanfaatkan promosi berbayar sehingga bisnis lebih cepat bertumbuh.

Modal Besar

> 25 Juta

Menu 3-5 Variasi

Harga jual di atas Rp 20.000/cup

Menggunakan lebih dari 4 Karyawan

Usaha Modal Besar memaksimalkan seluruh aspek bisnis anda seperti lokasi strategis, variasi menu lengkap dan berkualitas tinggi, konsep yang jelas dengan dekorasi terbaik dan memakai staff yang kompeten. 

Biaya yang perlu diperhatikan:

  1. Biaya Sewa. Poin ini sangat penting karena biaya sewa biasanya mengambil porsi paling besar dibanding biaya lainnya. Jadi akan sangat membantu jika anda memiliki tempat yang gratis seperti: di rumah, tempat sendiri, atau toko online. Ukuran tempat biasanya mempengaruhi besaran harga sewa.
  2. Biaya Modal Bahan Baku. Sediakan minimal stok bahan baku untuk 2 minggu, agar usaha bisa tetap berjalan lancar walau terjadi kondisi yang tidak ideal.
  3. Biaya Peralatan (termasuk booth / stand). Pastikan peralatan-peralatan yang digunakan efisien sesuai dengan skala usaha anda. Hindari membeli banyak peralatan di awal. Cukup beberapa yang terpenting dan dikembangkan seiring bisnis anda berkembang. 
  4. Biaya Marketing. Biaya ini meliputi cetak banner, flyer, promosi (buy 1 get 1, diskon, dll) hingga biaya mengikuti bazaar-bazaar. Buat budget setiap bulan dengan menyesuaikan jumlah modal anda. 

Tips tambahan dalam mengelola modal:

  1. Selalu menggunakan laba untuk pengembangan usaha.
  2. Manfaatkan teknologi untuk efisiensi biaya.
  3. Terus lengkapi peralatan anda terutama yang membantu anda membuat menu dengan lebih baik dan penyajian yang lebih cepat. Kepuasan pelanggan merupakan keuntungan yang berharga.
  4. Selalu ingat untuk menabung keuntungan atau mencari investor sebagai solusi pendanaan untuk ekspansi / membuka cabang baru. 

Spesialisasi Menu

Ice Blended

Contoh menu:

Matcha Blend, Taro Blend, Chocolate Blend, Vanilla Blend

Keunggulan: Mudah dibuat

Bahan yang digunakan: Flavor Powder, Creamer, Gula

Dibuat Menggunakan Blender

Harga Modal mulai dari Rp 4.700/cup

Kopi

Contoh menu:

Cappuccino, Americano, Vanilla Latte, Espresso

Keunggulan: Diminati oleh semua kalangan

Bahan yang digunakan: Coffee Powder, Creamer, dan Gula

Dibuat menggunakan mesin kopi (otomatis/manual)

Harga modal mulai dari Rp 2.200/cup

Teh

Contoh menu:

Milk Tea, Black Tea, Oolong Tea, Lychee Tea

Keunggulan: Menyegarkan dan cocok diminum sambil makan

Bahan yang digunakan: Tea Leaves, Creamer, Fruit Concentrate

Dibuat menggunakan shaker

Harga modal mulai dari Rp 2.474/cup

Buah

Contoh menu:

Mango Smoothies, Strawberry Tea, Lemon Squash, Kiwi Juice

Keunggulan: Rasanya enak sekaligus menyehatkan

Bahan yang digunakan: Fruit Concentrate, Tea Leaves, Yogurt

Dibuat menggunakan blender atau shaker

Harga modal mulai dari Rp 4.812/cup

Memisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Pencatatan keuangan seringkali dianggap tidak penting bagi banyak pengusaha pemula sehingga kemajuan bahkan kemunduran bisnis tidak terukur sehingga menjadi akar dari timbulnya banyak masalah terutama kehabisan dana cash

Pengusaha bijak membuat pencatatan untuk membantu mereka mengukur situasi dan kondisi usahanya dengan jelas dan mengevaluasi biaya untuk efisiensi. Pencatatan seperti ini juga bisa mencegah kerugian akibat kecurangan atau kesalahan pengelolaan

Jika anda baru mulai bisnis dan mengerjakan semuanya sendiri, tidak perlu membuat pembukuan yang rumit. Cukup mencatat 5 hal penting secara rutin yaitu: Penjualan (omzet), Pembelian bahan baku, Biaya operasional (termasuk sewa), Pembelian aset, dan Hutang Piutang. Lima hal ini dapat menggambarkan usaha anda dengan cukup baik.

Tips tambahan yang tidak kalah penting:

  1. Pisahkan rekening pribadi dan bisnis. Hal ini memudahkan anda secara teknis dan psikologi (pikiran) 
  2. Luangkan waktu mengevaluasi bisnis anda dengan catatan tersebut secara berkala. Bandingkan catatan setiap bulan dengan bulan-bulan sebelumnya
  3. Libatkan karyawan untuk membantu menginput data setiap hari.

Segera buat pencatatan keuangan bisnis anda dengan tips di atas dan lakukan dengan konsisten niscaya akan membantu mengevaluasi dan mengembangkan bisnis anda dengan tepat.

Peran Mentor Agar Bisnis Menjadi Cemerlang

Di Indonesia banyak pengusaha yang sudah sukses bahkan sebelum anda lahir. Namun, sudahkah anda belajar dari mereka? Karakter pengusaha memang mandiri dan berani menghadapi tantangan, namun perlu juga diimbangi dengan keinginan untuk belajar dan dibimbing. 

Mentor dapat membantu anda mengelola risiko, memotivasi di situasi sulit, menjaga agar tetap hati-hati saat semuanya lancar, membekali dengan berbagai pengetahuan dari pengalamannya, dan bahkan membantu melalui sumber daya mereka (terutama networking).

Beberapa tips untuk menemukan dan membangun hubungan dengan mentor:

  1. Usahakan mencari mentor yang memiliki pengalaman di jenis usaha yang sama dengan anda.
  2. Bangun hubungan dengan kesungguhan hati dan tulus.
  3. Orang tidak suka didekati hanya untuk mendapatkan keuntungan, termasuk juga calon mentor anda. Jadi, pastikan anda datang dengan membawa hal-hal positif yang dapat anda berikan juga dalam hidup mereka. Jika perlu bantu bisnisnya tanpa dibayar.
  4. Jangan terlalu pemilih karena tidak ada manusia yang sempurna. Serap semua yang positif dan maklumi semua yang negatif dari mentor anda. 
  5. Setia pada proses yang harus dilalui. Anda tidak langsung mengalami kesuksesan dalam semalam hanya karena memiliki mentor. Dampaknya baru dapat dirasakan secara jangka panjang.

Jika anda belum memiliki mentor pastikan untuk mulai mengusahakannya ya. Anda dapat mulai mencari dari pergaulan anda, mengikuti seminar-seminar, atau mendatangi berbagai acara. Selamat berjuang!

10 Tips Penting bagi Bisnis Makanan dan Minuman.

Lokasi adalah kunci

Lokasi adalah syarat mutlak yang harus dimiliki bisnis F&B, bahkan lebih dari 50% keberhasilan retail makanan minuman ditentukan dari lokasi yang strategis. 

Lokasi strategis adalah lokasi yang ramai pengunjung dan penuh kesibukan seperti daerah perkantoran, perbelanjaan, sekolah atau kampus.

Perhatikan juga sekeliling lokasi, apakah ada pesaing lain? Jika ada buatlah agar tempat anda lebih menarik untuk dikunjungi dengan dekorasi dan cara-cara kreatif lainnya.

Menentukan menu andalan dan target pasar

Tentukan jenis menu yang menjadi keahlian anda lengkap dengan target konsumen anda jika menjual menu tersebut.

Contoh: menu minuman yang manis untuk anak-anak, menu dengan tampilan menarik untuk kaum remaja dan minuman kadar gula rendah atau minuman  kopi untuk orang dewasa.

Bukan hanya kualitas tinggi tapi juga konsisten

Resep dan bahan terbaik menjadikan menu anda berkualitas tinggi dan pelanggan pasti puas. Jika ini dilakukan dengan konsisten maka terbangun kepercayaan dan pelanggan akan setia.

Lebih baik menjaga kualitas bahan walau kadang butuh biaya lebih daripada menekan biaya tapi membuat pelanggan kecewa dan kapok untuk datang lagi. 

TIPS:

  1. Tetapkan resep lengkap dari cara membuat sampai cara penyajiannya.
  2. Selalu menjaga bahan yang digunakan dalam keadaan fresh (perhatikan kadaluarsa dan kondisi kemasan).
  3. Hindari produk murahan. Gunakan bahan berkualitas bagus, namun tidak sulit dicari sehingga harganya tidak terlalu tinggi. Produk IBT adalah solusi utama anda dalam hal ini.

Penyajian cepat dan higienis

Di zaman serba instan seperti sekarang, tingkat kesabaran orang menurun. Konsumen menghindari outlet dengan antrian panjang atau yang perlu menunggu lama. 

TIPS:

Perhatikan kebersihan ruang kerja dan peralatan yang digunakan.

Menggunakan SDM (karyawan)
yang jujur, rajin dan positif

Karyawan yang anda gunakan penting karena karyawan berhadapan dengan pelanggan secara langsung dan bisnis anda akan dinilai dari sana. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merekrut karyawan:

  1. Carilah karyawan mulai dari lingkungan di sekitar anda karena akan lebih mudah untuk mengetahui karakternya.
  2. Pertimbangkan juga rekomendasi dari karyawan yang sudah ada.
  3. Persiapkan interview calon karyawan dengan baik sehingga dapat mengenali karakter mereka. Misal: pengalaman bekerja, latar belakang keluarga, dan tes sikap.
  4. Adakan training atau masa percobaan. Karena banyak hal yang baru dapat dilihat saat sudah bekerja.
  5. Buat SOP yang jelas untuk setiap posisi.

Menggunakan SDM (karyawan)
berpenampilan menarik dan bersih

Dalam industri F&B karyawan yang melayani customer adalah barisan terdepan sehingga penampilan menarik menjadi penting.

Yang terpenting dari penampilan adalah kerapian, kebersihan dan keramahan.

TIPS: 

  1. Gunakan seragam, celemek & topi khusus karyawan outlet.
  2. Pisahkan pekerja di dapur (barista dan cook) dengan bagian kasir.

Membina hubungan dengan customer setempat

Membangun hubungan yang baik dengan customer setempat memberi rasa nyaman sehingga mereka tertarik menjadi langganan yang setia bahkan dari hubungan yang baik anda dapat membentuk komunitas yang menjadikan tempat anda sebagai “rumah” mereka.

Customer setempat juga bisa menjadi sumber informasi kritik dan saran bagi bisnis anda agar lebih baik lagi. 

Modern dan profesional

Pastikan selalu memanfaatkan perkembangan teknologi agar bisnis anda dapat selalu beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan. 

Beberapa contoh teknologi yang wajib anda terapkan di bisnis anda:
  1. Mendaftar pada aplikasi Go-Food maupun Grab-Food.
  2. Usahakan menggunakan peralatan terkini yang mampu mengurangi risiko kesalahan akibat tenaga kerja manusia (tentunya dengan mempertimbangkan biayanya).
  3. Selalu mengikuti SOP yang telah ditetapkan. Bisnis anda akan terlihat profesional dan memberi citra yang bagus di mata pelanggan.

Manfaatkan media sosial

Ini sangat penting untuk usaha industri F&B agar dapat terhubung langsung dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Anda bisa memanfaatkan aplikasi favorit yang biasa digunakan seperti Instagram, Blog dan Facebook.

Media Sosial adalah pemasaran yang paling murah dan paling cepat penyebarannya. Apalagi jika usaha anda viral.

TIPS:

  1. Promosikan harga sangat murah atau bahkan gratis saat grand opening.
  2. Konsep yang unik misalnya “Tantangan Makan Pedas / Banyak”.
  3. Buat menu baru secara berkala.
  4. Bagikan testimoni pelanggan yang puas.
  5. Ingat bahwa media sosial bukan tempat berjualan. Tapi fokus pada memperkenalkan bisnis anda kepada target pasar.

Ora et labora (berdoa dan bekerja)

Setiap rezeki merupakan pemberian dari Tuhan sehingga walaupun telah mengikuti semua tips dengan baik, tetap ingat untuk berdoa agar apa yang anda jalankan “direstui”. Lakukan keduanya dengan seimbang karena doa tanpa usaha pun tidak ada artinya.

Terus memelihara hasrat untuk membantu kebutuhan orang lain. Karena usaha yang datang dari niat baik pasti akan mendatangkan hal yang baik juga.

Penutupan

Halaman ini dibuat agar anda yang sedang berjuang dalam dunia bisnis mendapat tips yang jelas dengan arahan yang dapat dipraktekkan sehingga anda tidak pernah menyerah untuk kreatif mengembangkan bisnis anda.

Setelah melakukan persiapan maka anda telah selangkah lebih maju. Namun, masih banyak hal yang perlu dipelajari. Oleh karena itu, kami selalu memberi informasi terbaru dengan artikel rutin tentang bisnis makanan minuman yang dapat anda ikuti di
IBT Blog

Selamat mempraktekkan dan salam sukses!

Bertanya, memesan, hingga melacak pengiriman semuanya mudah dengan IBT

subscribe!

Penawaran Menarik dan Info Tips Khusus untuk Anda