10 Tips Penting Keberhasilan Bisnis Makanan dan Minuman.

Banyak sekali orang-orang selalu bertanya, bagaimana supaya jualan makanan minuman saya laris? Seringkali kita terlalu fokus untuk menjual dagangan kita sesegera mungkin, padahal untuk suatu bisnis dapat sukses dan dikenal, dibutuhkan banyak syarat.

Berikut kami rangkum 10 Tips Penting Keberhasilan Bisnis Makanan dan Minuman:

1. Lokasi yang strategis

Lokasi adalah syarat mutlak yang harus dimiliki bisnis F&B. 50% keberhasilan suatu bisnis retail F&B tergantung dari lokasinya.

Yang dimaksud strategis adalah lokasi tersebut ramai pengunjung dan penuh kesibukan, misalnya daerah perkantoran, perbelanjaan, sekolah atau kampus. Karena keinginan untuk makan atau minum terjadi begitu saja secara instan. Perhatikan juga sekeliling lokasi, apakah ada pesaing lain? Jika ada buatlah agar tempat anda lebih menarik untuk dikunjungi.

2. Menentukan target pasar & menu andalan

Tentukan jenis menu yang menjadi keahlian anda. Kemudian pikirkan kira-kira siapa target konsumen anda jika menjual menu tersebut. Contoh untuk minuman, anak-anak lebih menyukai minuman yang manis, remaja lebih menyukai minuman unik dan bervariasi & orang dewasa lebih menyukai minuman dengan kadar gula rendah atau minuman dengan variasi rasa kopi.

Contoh:

  • Warunk Upnormal, menargetkan anak muda / sebuah komunitas. Mereka menciptakan suasana yang “hangat”, dengan konsep ruangan yang instagramable. Menu yang disajikan ringan namun bervariasi.
  • King Mango & Dum-Dum Thai Tea, menciptakan sebuah pasar sendiri dengan 1 menu andalan dan unik.

3. Kualitas Tinggi dan Konsisten

Resep terbaik dengan bahan terbaik menjadikan menu anda berkualitas tinggi dan membuat langganan anda puas.

Sedangkan konsistensi membuat bisnis anda dipercaya sehingga anda memiliki pelanggan setia.

Sederhananya adalah lebih baik menjaga kualitas bahan walaupun kadang membutuhkan biaya lebih, daripada menekan biaya bahan tapi malah membuat pelanggan kecewa & kapok untuk datang kembali. Berikut tipsnya:

  • Tetapkan sebuah resep yang berisi takaran bahan, tata cara membuat, hingga penyajian. Jadikan resep ini sebagai sebuah fondasi agar kualitas dan rasa menu tidak berubah.
  • Selalu menjaga agar bahan yang digunakan dalam keadaan fresh, perhatikan masa expired dari bahan yang anda gunakan, dan tidak menyajikan minuman dengan bahan yang sudah basi.
  • Gunakan bahan berkualitas bagus, tetapi masih umum di pasaran sehingga biayanya tidak terlalu tinggi. Tetapi hindari menggunakan produk murahan.

4. Penyajian Cepat dan Higienis

Di zaman serba instan seperti sekarang, tingkat kesabaran orang menurun, sehingga kecepatan menjadi hal penting.

Solusinya: Buat sistem yang jelas untuk operasional anda.

Contoh: membuat prosedur untuk membuat suatu menu secara rinci dari menyiapkan bahan hingga menu tersebut disajikan & menentukan letak peralatan sesuai dengan tempat yang ditentukan sesuai kategorinya. 

Perhatikan kebersihan ruang kerja dan peralatan agar selalu bersih sehingga memberi kepercayaan kepada customer.

5. Menggunakan SDM (karyawan) yang jujur, rajin dan positif

Karyawan yang anda gunakan penting bagi bisnis anda karena akan menunjukkan karakter bisnis anda secara langsung ke pihak luar.

Berikut tips dalam merekrut karyawan:

  • Carilah karyawan mulai dari lingkungan di sekitar anda, karena akan lebih mudah untuk mengetahui karakternya
  • Alternatif lainnya adalah, rekomendasi dari karyawan yang sudah ada.
  • Persiapkan interview calon karyawan dengan baik sehingga dapat mengenali karakter mereka. Misal: pengalaman bekerja, latar belakang keluarga, dan tes sikap.
  • Adakan training atau masa percobaan. Karena biasanya sikap asli seseorang justru bisa terlihat saat bekerja.
  • Buat SOP yang jelas.

6. Menggunakan SDM (karyawan) berpenampilan menarik dan bersih

Dalam bisnis retail, terutama F&B karyawan yang melayani customer adalah barisan terdepan sehingga penampilan menarik menjadi penting, tapi sebenarnya penampilan bukan yang terutama, tetapi kerapian, kebersihan dan keramahanan menjadi yang terutama.

Tips:

Gunakan seragam, celemek & topi khusus karyawan outlet & pisahkan antara pekerja dengan bagian kasir.

7. Membina hubungan (relationship) dengan customer setempat

Membangun hubungan yang baik dengan customer setempat dapat membuat mereka memiliki rasa nyaman dan percaya pada bisnis anda, sehingga mereka menjadi langganan setia (lebih bagus lagi jika mereka komunitas).

Customer setempat juga bisa menjadi sumber informasi, contohnya:

  • Kritik dan Saran agar bisnis anda lebih baik lagi.
  • Mengetahui kelebihan yang anda miliki yang tadinya tidak disadari sehingga dapat dimaksimalkan.

8. Modern dan Profesional

Agar bisnis anda selalu beradaptasi, miliki pola pikir untuk selalu memanfaatkan perkembangan teknologi. Contohnya:

  • Mendaftarkan bisnis anda pada aplikasi Go-Food maupun Grab-Food.
  • Sebisa mungkin menggunakan peralatan terkini yang mampu mengurangi tenaga kerja manusia, tentunya dengan mempertimbangkan biayanya.

Dengan selalu mengikuti SOP yang telah ditetapkan, Bisnis anda akan terlihat profesional di mata customer.

9. Manfaatkan Social Media

Ini sangat penting untuk usaha retail karena berhubungan langsung dengan user. Anda bisa memanfaatkan aplikasi favorit yang biasa digunakan seperti Instagram, Blog dan Facebook.

Sosial media adalah cara pemasaran yang paling murah dan paling cepat menyebar. Apalagi jika usaha anda viral.

Tips membuat bisnis anda viral:

  • Promo harga sangat murah atau bahkan gratis saat grand opening
  • Konsep yang unik misalnya “Tantangan Makan Pedas / Banyak”
  • Menu terbaru yang belum pernah ada sebelumnya
  • Memanfaatkan sosial media untuk review dengan cara upload foto dan memberikan promo

Social media bukan untuk media berjualan. Tapi lebih berfokus memperkenalkan bisnis yang anda jalani kepada target pasar yang anda tuju.

Tips memanfaatkan social media dapat didapatkan di website kami: https://indobubbletea.wordpress.com/

10. Ora et Labora (Berdoa dan Bekerja)

Penting memiliki pola pikir bahwa setiap rejeki merupakan pemberian dari Tuhan. Sehingga setelah mengikuti semua tips dan menjalankan perencanaan dengan matang, usaha juga harus seimbang dengan doa, sehingga apa yang kita jalankan “direstui”, sebaliknya doa tanpa usaha pun juga tidak berarti. 

Dan sebagai seorang pengusaha, sebaiknya memiliki hasrat untuk membantu kebutuhan orang lain. Karena usaha yang datang dari niat baik, dijamin akan mendatangkan hal yang baik.

Selamat Mencoba & Semoga Sukses!

7 Skill Wajib Pengusaha Yang Membuat Bisnis Berkembang Pesat

Sebenarnya semua orang bisa menjadi pengusaha, tapi hanya sedikit yang berhasil menjalaninya. Kenapa? Karena untuk menjadi seorang pengusaha dibutuhkan komitmen. Komitmen untuk terus berusaha walaupun tidak mendapatkan hasil atau belum nampak. Risiko terbesar yang harus dihadapi setiap pengusaha adalah risiko gagal alias bangkrut.

Dari data ini kita bisa melihat bahwa dunia bisnis memang sulit, dari 100 bisnis yang didirikan, hanya 4% yang mampu melalui 10 tahun perjalanan. Dapat kita katakan untuk mereka yang berhasil melalui ini, sebenarnya mereka sudah membawa banyak manfaat positif, baik bagi dirinya sendiri, orang-orang terdekat mereka, bahkan dunia.

Tapi kemungkinan kecil bukan berarti mustahil kan?

Seperti yang sudah dikatakan di awal sebenarnya semua orang dapat jadi pengusaha asal mereka memiliki kualifikasi dan kemampuan khusus. Karena itu dengan berbekal pengalaman selama 8 tahun di dunia bisnis dan menciptakan nilai, kami dapati ada 7 Skill Wajib Pengusaha Yang Membuat Bisnis Berkembang Pesat. Yaitu:

1. Berpikir Konsep

Ini adalah fondasinya. Setiap bisnis harus memiliki tujuan jelas mengapa produk atau jasanya dibutuhkan oleh marketplace?

Secara sederhana pola pikir konsep dalam bisnis dapat dibagi jadi 3 yaitu:

WHY (Mengapa): Mengapa bisnis ini harus ada? Apa manfaatnya bagi masyarakat? Dengan terus menggali jawaban dari pertanyaan seperti ini anda akan menemukan tujuan utama bisnis anda.

HOW (Bagaimana): Bagaimana kita harus membuat produk? Bagaimana kita ingin dinilai oleh masyarakat? Dari sini anda dapat menemukan bagaimana cara perusahaan untuk mencapai tujuan utamanya.

WHAT (Apa): Apa saja hal-hal teknis yang perlu dilakukan perusahaan supaya mencapai tujuan utamanya dengan cara yang benar? Jawaban dari pertanyaan ini akan membuat anda menemukan semua tugas yang perlu dikerjakan. contoh: menyiapkan katalog, membuat foto produk, mencari resep, beriklan di media sosial, dll).

2. Persuasi

Persuasi sering dianggap sekedar kemampuan mempengaruhi, namun pengusaha sukses melakukannya lebih jauh lagi yaitu mempengaruhi hingga terjadi tindakan, atau seringkali kita sebut “closing”. Persuasi dapat dilakukan secara lisan seperti meyakinkan pelanggan secara tatap muka atau negosiasi dengan pemasok dan juga secara tertulis seperti mendesain flyer atau membuat konten di media sosial dan blog. Intinya adalah mempengaruhi orang lain.

3. Kepemimpinan

Pengusaha sejati tahu mereka tidak dapat mencapai hal besar sendirian, jadi mereka melatih kepemimpinan mereka. Menentukan visi dan misi, memastikan seluruh tim berjalan sesuai tujuan tersebut, memotivasi dan membimbing karyawan adalah beberapa contoh peran pengusaha sebagai pemimpin.

4. Berbicara di Depan Umum

Mungkin anda tidak menyangka bahwa berbicara di depan umum adalah ketakutan terbesar bagi banyak orang padahal kemampuan ini sangat penting saat anda harus mempresentasikan ide anda, memimpin rapat, atau kegiatan lainnya yang mengharuskan anda berbicara di depan banyak orang.

5. Manajemen Waktu

Semua orang mendapat waktu yang sama dari Tuhan yaitu 24 jam sehari, namun pengusaha yang mengatur waktu dengan baik sesuai skala prioritas yang benar bekerja efektif, dengan demikian cepat atau lambat kesuksesan akan diraih.

6. Pengelolaan Finansial

Pengusaha sukses membangun bisnis dengan mengelola uang sebagai sumber daya dengan cerdas. Membuat pembukuan, melakukan efisiensi secara berkala, dan memastikan agar bisnis tidak pernah kehabisan dana cair (cash) adalah tantangan yang hanya dapat diatasi jika anda senantiasa mengasah kemampuan mengelola keuangan anda.

7. Kematangan Karakter

Pengusaha menempuh jalan “minoritas” yang membawanya menghadapi banyak risiko, situasi menakutkan dan berbagai tantangan baru sehingga penting sekali untuk melatih karakter yang benar sebagai bekal dalam menghadapi kegagalan, tekanan yang beruntun, dan memastikan tidak jemawa saat situasi berjalan lancar. Beberapa contoh karakter kunci yang harus diasah pengusaha agar sukses adalah integritas, rendah hati, dan kerja keras.

Jika anda seorang pengusaha atau ingin menjadi pengusaha, renungkan ketujuh kemampuan ini dan temukan kemampuan mana dalam diri anda yang paling kuat di daftar ini. Terus kembangkan hingga anda menjadi ahli sehingga usaha anda pun dapat memberkati orang lain.

Selamat mempraktekkan dan alami sukses dalam bisnis anda!

7 Menu Minuman Best Seller Paling Enak Yang Wajib Untuk Usaha Cafe Anda

Tahukah anda sejak zaman dahulu minuman kesukaan orang hanya itu-itu saja, bahkan sejak zaman kerajaan-kerajaan. Kopi, teh, air putih, minuman kesehatan yang terbuat dari tanaman atau buah-buahan. Jadi sebenarnya kita tidak perlu susah mencari resep baru lagi pada saat ini karena tidak ada lagi hal baru, yang ada hanya variasi-variasinya saja.

Karena itu daripada anda pusing menentukan menu apa yang terbaik, lebih baik gunakan keahlian meracik resep anda pada menu umum yang sudah teruji kepopulerannya seperti yang sebentar lagi kami beritahukan.

Inilah 7 Menu Minuman Best Seller Paling Enak yang Wajib Untuk Usaha Cafe Anda:

  1. Coffee Latte (kopi susu)
    Inilah menu yang paling favorit saat ini, jika dulu kopi hanya dinikmati oleh orang dewasa, saat ini kopi bahkan sudah dinikmati oleh anak muda bahkan anak kecil, karena yang tadi itu yang penting variasinya: dibuat manis dan susunya lebih banyak. Dengan tambahan sirup, nama menunya berubah menjadi: vanilla latte, hazelnut latte, caramel latte.

  2. Chocolate Drink (minuman coklat)

    Menu ini juga sangat sederhana, favorit kalangan segala usia karena rasanya yang enak dan membuat hati senang. Dapat disajikan panas maupun dingin. Setiap cafe juga wajib menyediakan menu ini.

  3. Mocha Latte (moka susu)
    Jika diatas sudah ada kopi dan coklat, ini adalah gabungan dari keduanya. Dua rasa tersebut memang cocok untuk dikombinasikan, coba saja sendiri jika tidak percaya. Menu ini cocok untuk yang ingin menikmati kopi tapi tidak ingin rasanya terlalu pahit.

  4. Milk Tea (teh susu)
    Menu ini juga salah satu yang paling umum, yang sebenarnya barusan booming di satu dekade (10 tahun) terakhir ini, dengan bahan utama menggunakan daun black tea, kemudian pada penyajiannya diminum bersama topping tapioca pearl sehingga namanya menjadi bubble tea.

  5. Thai Tea (teh Thailand)
    Mirip dengan milk tea, hanya saja menggunakan bahan utama daun thai tea, menjadikannya agak berwarna merah setelah dicampur dengan susu. Tapi untuk rasa, tetap enak.

  6. Green Tea Latte (teh hijau susu)

    Biasa juga disebut matcha latte, minuman ini sendiri sebenarnya sudah bertahan dua dekade (20 tahun) di Indonesia, favorit karena ada benefit kesehatan yang dijanjikan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Ada kebanggaan tersendiri saat menikmati green tea.

  7. Fruit Tea (teh rasa buah)
    Teh biasa, tetapi dicampur dengan sirup konsentrat buah. Rasa paling favorit adalah lychee tea, mango tea, passion fruit tea, strawberry tea, dan masih banyak lagi tergantung variasi sirup buahnya, membuat menu minuman ini cocok untuk menghilangkan dahaga.

Itulah tadi 7 Menu Minuman Best Seller yang Wajib Untuk Usaha Cafe Anda, jika anda dapat menyediakan seluruh minuman tersebut seharusnya pelanggan anda tidak akan menemukan kesulitan dalam memilih menu.

Selamat berinovasi dan semoga sukses!

5 Tips / Kebiasaan Positif yang Bisa Dipetik dari Situasi Pandemi Untuk Menghadapi Kondisi New Normal

Saat tulisan ini dibuat Indonesia rata-rata masih dalam tahap “PSBB Transisi” dimana tempat-tempat umum sudah dibuka kembali walaupun harus tetap menerapkan protokol kesehatan, walaupun begitu sebenarnya pemerintah masih menghimbau masyarakat untuk tetap dirumah jika tidak ada situasi darurat.

Sebenarnya kita perlu bersyukur bahkan bangga karena dapat melewati sekitar 5 bulan masa pandemi ini, dan kita masih ada hingga hari ini.

Bukan hanya itu, ternyata kita dapat memetik pelajaran positif atau tips yang dapat membuat kita lebih efektif dan efisien dalam bekerja sehari-hari.

Berikut 5 Tips / Kebiasaan Positif yang Bisa Dipetik dari Situasi Pandemi Untuk Menghadapi Kondisi New Normal:

  1. Bekerja Dari Rumah (WFH)
    Sebenarnya hal ini adalah yang paling berubah. Banyak industri akhirnya menyadari bahwa tidak semua pekerjaan harus dikerjakan dikantor, sehingga kita sendiri dapat menyesuaikan waktu kita dalam pekerja. Metode ini sangat cocok terutama untuk mereka yang memiliki privilege untuk bebas memilih tempat bekerja. contoh: self employee.

  2. Olahraga Di Rumah

    Dulu kita berpikir olahraga itu harus dilakukan di tempat khusus seperti gym atau tempat yang terbuka, tetapi kondisi pandemi ini membuat banyak dari kita mengubah kebiasaan kita, yaitu olahraga ternyata bisa dilakukan di rumah, hanya dengan peralatan sederhana seperti matras olahraga. Hal ini tentunya dapat menghemat waktu bagi orang yang sibuk.

  3. Online Meeting
    Metode ini juga cukup mengubah budaya kantor saat ini, tidak ada lagi persiapan tempat dan segala sesuatu yang rumit untuk meeting, karena dapat dilakukan secara praktis yaitu online. Hal ini tentunya dapat menghemat waktu dan biaya. Walaupun memang masih ada keterbatasan dalam meeting online dibanding meeting tatap muka.

  4. Food Delivery

    Sebenarnya tidak semua orang melakukan food delivery saat pandemi, sebagian besar ada yang memasak dari rumah. Tetapi bagi kita-kita yang membutuhkan hal-hal praktis, ternyata food delivery dapat membantu kita lebih produktif dengan tidak perlu harus selalu memikirkan “mau makan apa?”, apalagi kita makan 3x sehari.

  5. Waktu Tenang / Introspeksi
    Banyak orang karena saking sibuknya tidak memiliki waktu lagi untuk tenang, bahkan untuk melihat sudah dimanakah posisi kehidupannya. Tapi pandemi ini membuat kita semua menjadi terpaksa tenang dirumah. Waktu tenang dapat menjadi kesempatan kita untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan evaluasi diri sehingga kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Demikian tips-tips yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat bagi kehidupan anda, sehingga dapat kembali mempertimbangkan keseharian anda dan menjadi lebih produktif di masa New Normal ini.

Tetap semangat dan semoga sukses! Tuhan memberkati.