Tips Strategi Penting Untuk Setiap Pengusaha Cafe Supaya Menang Persaingan

Btw, pernahkah anda mampir ke sebuah cafe, mungkin karena diajak oleh teman atau saudara anda. Terus anda memesan sebuah makanan yang ada dibuku menu, setelah itu anda menunggu.. 5 menit.. 10 menit.. 20 menit.. pesanan anda tidak kunjung datang. Pesanan anda baru datang setelah setengah jam berlalu, dan ternyata porsinya kecil dan rasanya biasa saja, padahal harganya termasuk mahal.  Tapi yang mengherankan, cafe tersebut selalu ramai. =D

Apakah anda pernah mengalami hal seperti itu?

Sebaliknya ada cafe yang menyajikan makanan enak, pelayanannya prima, harganya juga terjangkau tetapi cafe tersebut justru sepi.

Fenomena ini kadang membuat pengusaha cafe bingung, mungkin termasuk anda. Anda sudah melakukan berbagai macam strategi, mulai dari promo pelajar, hingga voucher online, tetapi sepertinya masih belum cukup untuk meningkatkan jumlah pengunjung cafe anda.

Setelah melakukan analisa mendalam, juga dari pengalaman. Selain faktor kualitas rasa, pelayanan dan harga, ada 2 hal lagi yang sangat mempengaruhi nilai sebuah restoran / cafe agar dapat memenangkan persaingan, yaitu:

1. Lokasi
food street (edit)

Mungkin dalam hati anda mengatakan: “saya sudah tahu”. Tapi tahukah anda faktor lokasi mempengaruhi 50% hingga 70% tingkat keberhasilan suatu outlet makanan dan minuman? Ini karena keputusan membeli makanan minuman bersifat instan atau langsung. Tantangannya adalah untuk mendapatkan lokasi strategis justru tidak pernah mudah, harga sewanya bisa sangat mahal.

Tapi walaupun begitu, ini adalah salah satu strategi atau syarat penting yang patut dipertimbangkan jika anda ingin cafe anda konsisten didatangi pengunjung.

Lengkapi pengetahuan bisnis anda dengan tips ini:

5 Tips Cara Membuat Restoran / Cafe Anda Terkenal dan Senantiasa Ramai Pengunjung

2. Ciri Khas
board game cafe
Hal ini sangat perlu untuk menunjukkan identitas cafe anda, tanpa ciri khas pengunjung tidak akan menganggap cafe anda istimewa dan bisa dengan mudah berpindah ke tempat lain yang lebih memberikan kesan. Bahkan restoran cepat saji (fast food) pun memiliki ciri khas, yaitu tentu saja pelayanan yang sangat sigap & kasir yang melayani hingga mirip seperti robot, selalu mengucapkan hal yang sama.

Contoh lain adalah cafe yang memang diperuntukkan untuk nongkrong sambil bermain yang menjadi ciri khasnya, seperti banyak cafe-cafe pada zaman sekarang menyediakan permainan boardgame yang seru, sehingga pengunjung akan nongkrong di cafe lebih lama, itulah strategi ciri khas yang menjadi spesialisasinya.

Nah, kalau begitu bagaimana dengan anda? Apakah cafe anda sudah bagus dalam 2 hal ini? Mengelola cafe memang merupakan hal yang menantang, karena berhubungan langsung dengan semua aspek, termasuk customer anda, jadi percayalah dengan mengelola cafe, anda sudah berada di tempat yang tepat untuk berkembang menjadi pengusaha sejati.

Apakah anda siap menjadi pengusaha sejati? Sebenarnya ciri-cirinya anda dapat lihat disini:

Tips dan Inspirasi untuk Pengusaha pemula

Leave a Reply