5 Tips Rahasia Ide Promosi Kreatif Untuk Cafe Anda Agar Selalu Laris Manis

Banyak orang mengira membuat menu yang enak, adalah satu-satunya solusi untuk setiap bisnis restoran atau F&B. Padahal apakah benar seperti itu?

Coba saja anda bayangkan saat berjalan-jalan di mal. Disana terdapat banyak restoran yang bagus-bagus, dengan menu yang dimasak oleh chef / koki yang handal. Tapi apakah kita pada akhirnya pasti memasuki restoran tersebut? Tidak juga.

Hal ini karena sebenarnya pelanggan tidak hanya tertarik dengan menu yang enak, atau tempat yang nyaman. Perlu lebih dari itu untuk menarik minat pelanggan.

Rahasianya adalah seringkali orang tertarik dengan hal-hal yang bersifat emosional, perasaan yang membuat orang akhirnya ingin mencoba makan di restoran tersebut. Contohnya: kita lebih berkemungkinan makan di restoran yang direkomendasikan oleh keluarga atau teman kita dibanding restoran tak dikenal yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Ini hanyalah salah satu contoh, inilah yang disebut dengan Retail Marketing.

Berikut ini 5 tips rahasia yang bisa anda terapkan untuk ide promosi cafe anda:

1. Ruang kerja yang terbuka.

teppanyaki open kitchen

Hal ini sangat berpengaruh pada emosional pelanggan, karena calon pelanggan akan melihat sendiri bagaimana makanan tersebut diproses, dari pengolahan bahan hingga proses masak hingga memberi bumbu, ada kesan “fresh” yang dirasakan oleh pelanggan sehingga membuat mereka ingin mencobanya.

2. Waiter / pelayan yang bersemangat dalam menyapa dan berinteraksi.

Tidak bisa dipungkiri, unsur sosial sangat mempengaruhi perasaan & emosional manusia, sehingga bagus jika ada interaksi sosial yang dilakukan oleh para penyambut pelanggan, bahkan para waiter yang melayani sekalipun. Hal ini tidak boleh dikesampingkan.

3. Menu baru, maupun menu yang bersifat sementara / musiman.

starbucks sakura

Sesuatu yang baru selalu dapat membangkitkan perasaan antusias, sama saja seperti hobi baru, pekerjaan baru, teman baru, bahkan mungkin pacar baru! Sesuatu yang baru selalu memberi semangat, dan ini juga berlaku untuk menu baru. Anda dapat membuat menu baru dengan menu yang sudah ada, hanya dengan memberi tambahan bahan lain, atau topping untuk menjadi menu baru. Dan sediakan pada musim-musim tertentu saja, sehingga ada kesan eksklusif.

4. Promo harga murah.

Sisi ekonomis juga pasti mempengaruhi emosional pelanggan, tapi agar efek promosi ini maksimal. libatkan juga kalimat atau kata-kata di dalamnya, dan bukan hanya menurunkan harga saja. Contohnya: Only 18k, tantangan makan nasi gila pedas 10 cabe, Dare to Try? Selain harga yang murah, tantangan pedas juga melibatkan emosional pelanggan sehingga semakin ingin mencoba.

5. Mempertahankan antrian konsumen yang panjang

antri restoran

Tahukah anda sejak dulu kerumunan orang / antrian selalu menarik perhatian, orang-orang terdorong untuk ingin tahu apa yang sedang terjadi atau ditawarkan sehingga banyak sesama kita rela mengantri, bahkan kadang ada pemikiran “sepertinya saya akan terlihat bodoh jika tidak ikut mengantri”. Tentunya ini juga adalah salah satu unsur emosional yang mempengaruhi pelanggan. Karena itu sebisa mungkin jagalah agar Cafe / Restoran anda selalu memiliki pengunjung (tidak kosong sama sekali) dengan memberi kenyamanan kepada para pelanggan anda.

5 cara diatas hanyalah contoh atas hal paling penting yang perlu kita perhatikan, yaitu sisi emosional (experience) pelanggan. Karena itu sebagai pengelola Cafe / Restoran penting untuk selalu memiliki mindset untuk memperlakukan pelanggan dengan baik seperti salah satu saudara kita.

Good Luck!

Untuk Tips lain mengenai bagaimana cara mengelola Cafe di Era modern:

Tips Sukses Usaha Bisnis Cafe dan Restoran di era Modern

Leave a Reply