Dalam Bisnis Makanan dan Minuman Mana Yang Lebih Penting, Enak atau Murah?

Dalam bisnis Food & Beverage (F&B), lebih penting Enak atau Murah? Sebenarnya ini pertanyaan yang sangat subjektif. Ada fans “Enak” dan ada juga fans “Murah“. Tetapi kami akan menjelaskan sebenarnya apa saja mempengaruhi orang dalam menilai makanan atau minuman yang dipilihnya.

Pertama-tama mari kenali dulu faktor apa saja yang membuat orang suka dan kembali datang ke suatu restoran yang pernah dikunjunginya:

1. Kepuasan

Ini merupakan faktor yang paling penting, jika pelanggan tidak puas, mereka tidak kembali, dan cara untuk membuat mereka puas adalah memenuhi kebutuhan mereka, yaitu makanan yang bisa diterima lidah mereka, yang berarti makanan itu harus “enak”. Setelah pelanggan bisa menerimanya barulah mereka akan ikhlas membayar, tetapi jika sejak awal makanan tersebut tidak enak, berapapun harganya pelanggan tidak akan rela membayar. Walaupun harga yang tinggi kadang memberatkan pelanggan, tetapi kepuasan tetap menjadi jurus utama dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan. Dengan demikian dapat dipercaya bahwa Enak > Murah.

Tips:
Agar pelanggan ikhlas dalam membayar makanan mereka, sebaiknya harga disertakan di dalam menu.

2. Nilai

Hal ini berhubungan dengan kuantitas & kualitas bahan baku yang kita pakai. Makanan dan minuman yang enak pastinya menggunakan bahan berkualitas, hal tersebut nyata terlihat. Contoh: Penjual martabak terkenal biasanya menggunakan mentega & keju berkualitas untuk bahannya, jumlah pemakaian pun banyak. Sebaliknya makanan murah biasanya menggunakan bahan baku yang berkualitas lebih rendah dengan jumlah sedikit.

martabak enak
Coba bayangkan seandainya anda sebagai pelanggan. Apa kesan yang muncul saat melihat bahan makanan berkualitas dan banyak dalam pesanan anda, dibanding bahan makanan murahan dan sedikit. Cara yang pertama akan meningkatkan awareness & branding dari restoran tersebut, sebaliknya cara kedua meninggalkan image negatif. Sehingga lagi-lagi dapat disimpulkan Nilai > Murah. Tetapi tantangannya adalah menggunakan bahan berkualitas membutuhkan biaya tinggi, solusinya adalah mendapatkan titik keseimbangan antara biaya dan value yang diperlukan target market.

Kesimpulannya

Kepuasan dan Nilai adalah syarat utama yang harus dipenuhi untuk meninggalkan kesan positif di hati pelanggan. Demikian pula rasa Enak menjadi lebih penting daripada sekedar Murah. Walaupun kadang harga murah juga menjadi nilai +, tetapi hal itu hanya berlaku pada situasi yang minor (jarang terjadi).

Tips:
Lakukan riset pasar, kenali target market anda. Dan tentukan standar yang dibutuhkan untuk memuaskan pelanggan di lingkungan restoran anda. Sehingga ditemukan titik keseimbangannya.

Selamat Mencoba. Semoga sukses!

Leave a Reply